Breaking Post

jajaran media online POSTKOTA MAKASSAR.COM mengucapkan turut berduka cita atas musibah gempa dan tsunami yang menimpah masyarakat sulawesi tengah dan sekitarnya

SMP Negeri 2 Barombong Terapkan Bank Sampah








GAPURA (ragam liputan daerah)
     
      Satu- satunya sekolah di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, yang saat ini menerapkan program bank sampah di sekolah, tidak lain adalah SMP Negeri 2 Barombong
      Bank sampah itu adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah- pilah dan hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan sampah.
      Itulah yang disampaikan oleh kepala SMP Negeri 2 Barombong, H.Muh.Ramli, SPd, MSi, saat dikonfirmasi oleh wartawan PKM. "Program bank sampah ini, sangat baik sekali untuk warga sekolah, khususnya siswa sadar akan lingkungan sehat, rapih dan bersih," ujarnya.
      Bahkan siswa dan siswi SMPN 2 Barombong, sampai berebutan sampah, apabila mereka menemukan sampah, karena sampah itu ada nilai rupiahnya. "Saat ini mobil bank sampah sudah ada 1 unit, tinggal mesinnya saja yang ditunggu, ini sudah  dijanji mau datang mesinnya,"ungkapnya.
      Lanjut katanya, dengan program bank sampah, pembentukan karakter siswa juga terlatih untuk berkarakter berwiraswasta.
      Untuk adiwiyata, kami masih perlu melengkapi sebagian persyaratan yang belum terpenuhi, karena tim adiwiyata akan datang kembali, melanjutkan penilaian.
      Dan guru- guru semua terlibat didalam kegiatan adiwiyata, semua saling bekerjasama dan mendukung untuk sekolah adiwiyata yang peduli lingkungan yang sehat, bersih, serta lingkungan indah. Hanya yang menjadi kendala kami disini, untuk adiwiyata yaitu pagar keliling, sedangkan di SMPN 2 Barombong itu dibelakang belum terpagar, bagian depan saja yang terpagar.
      Salah satu persyaratannya, adiwiyata itu harus pagar keliling, tetapi itu tidak membuat kita menjadi putus asa, "kami tetap optimis bisa manjadi sekolah adiwiyata," katanya. Selain itu SMP Negeri 2 Barombong, sudah menyabet juara 2 sekolah sehat tingkat kabupaten Gowa.
      Ramli juga menyampaikan program bank sampah yang diadakan disekolahnya itu juga salah satu mendukung program bupati Gowa, ayo Gowa bersih, dan dengan motto, sekolahku hijau dan bersih, hidupku sehat dan cerdas, berharap SMP Negeri 2 Barombong berhasil dalam mengelola bank sampah dan bisa meraih sekolah adiwiyata untuk tingkat provinsi. (pkm/shanty)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel