09 March 2017

GEREBEK AKSI PUNGLI DISDUKCAPIL PAREPARE, TIM SITA Rp. 10.000.-

Tags

LABRAK (laporan berita kriminal)

     Tim Operasi Saber Pungli ( Sapu Bersih Pungutan Liar ) Polres Parepare berhasil mengungkap Pungli di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Pada Kamis, 9 Maret 2017 pukul 10.30 wita.
     Bertempat di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jl. Veteran Kota Parepare, Tim Saber Pungli  berhasil mengamankan oknum Pegawai Honorer Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare berinisial AGS (29), dan seorang juru parkir berinisial CDR (59) yang bertindak sebagai  perantara.
      Kedua oknum tersebut diduga kuat merupakan  kawanan pelaku aksi  Pungutan Liar yang sudah lama beroperasi di Lingkungan Disdukcapil Parepare, untuk  pengurusan dokumen Akte Kelahiran dan KK ( Kartu Keluarga).
      Oknum AGD adalah Bagian Operator Pembuatan Akta Kelahiran, warga Lumpue Bacukiki, sedangkan CDR adalah lelaki paruh bayah yang setiap hari berprofesi sebagai tukang parkir di halaman Disdukcapil Parepare.
      Dari hasil interogasi yang dilakukan terungkap bahwa lelaki CDR yang beroperasi di halaman Kantor untuk mencari masyarakat yang ingin menggunakan jasa pengurusan dengan biaya percepatan sebesar Rp.50 ribu. Berkas yang terkumpul bersama dananya, lalu diserahkan kepada oknum AGD untuk diproses.
      Pada operasi tersebut, Tim juga berhasil menyita beberapa barang bukti berupa satu lembar akta kelahiran dan uang Rp.10.000.-(pkm/anjas/humas polda)