04 March 2017

MEMBEKUK KAWANAN GARONG SAPI

Tags

LABRAK (laporan berita kriminal)

       Tidak kurang dari Sepekan melakukan penyelidikan, Tim Reserse Mobile unit II Polres Bone akhirnya berhasil mengungkap kasus pencurian sapi yang kian sungguh meresahkan warga Kabupaten Bone pada Jumat (3/3/2017).
       Komplotan Pelaku tersbut merupakan spesialis pencurian sapi, masing-masing bernama Andi Is. (36) dan Sltn(39). Keduanya merupakan warga Desa Wanuwaru Kecamatan Libureng Kabupaten Bone.
       Berawal saat Tim Resmob unit II dipimpin Aiptu Abustan Mappa melakukan penyelidikan terhadap kasus pencurian sapi pada minggu tanggal 26 Februari 2017 lalu. Kurang dari sepekan, identitas pelaku akhirnya terkuak.
       Aparat terlebih dahulu meringkus Andi Is di kompleks Pabrik gula Camming Desa Wanuawaru Kecamatan Libureng Kabupeten Bone.
Saat diintrogasi, Andi Is mengaku tak sendiri, dan dari pengembangan penyidikan, aparat akhirnya berhasil juga membekuk rekan pelaku bernama Sltn.
       Dihadapan petugas, kedua pelaku itu mengaku telah  mencuri sapi milik Awaluddin sebanyak dua ekor sapi betina di Desa Wanuawaru pada hari Minggu (26/2/2017) malam.
Dari pengkuan keduanya aparat kemudian melakukan upaya pencarian barang bukti. Alhasil, dua ekor sapi betina tersebut berhasil ditemukan Tim Resmob di Dusun Nusae Desa Mattirowalie Kecamatan Libureng Kabupaten Bone yang telah dibeli oleh Samsul Alam alias Ancu (26). Kedua sapi tersebut lalu disita aparat bersama satu unit mobil Pickup Suzuki Avp warna hitam.
       Tak sampai disitu, ketiga pelaku kembali diintrogasi dan mengakui kerap melakukan pencurian sapi, diantaranya telah mencuri sapi milik Munir yang disembunyikan di daerah Desa Matajang Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, dan lagi-lagi aparat berhasil menyita tiga ekor sapi betina milik Munir tersebut.
       Pelaku juga mengaku telah mencuri seekor sapi betina milik Asdar namun saat aparat meminta menunjukkan tempat kejadian perkara (TKP), pelaku Andi Is mencoba melarikan diri dan mengelabui petugas, sehingga Polisi memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali akan tetapi tidak dihiraukan oleh pelaku. Akibatnya, Polisi mengambil tindakan tegas "doorrr", Andi Is langsung tersungkur, sebutir peluru karet tepat mengenai betisnya.
      Dari pengakuan Andi Is kemudian, sapi milik Asdar yang dicuri disembunyikan di sekitar rumahnya di Desa Wanuawaru Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Aiptu Abustan Mappa yang biasa disapa Bucek tersebut mengatakan Pelaku yang mengalami luka tembak dilarikan ke Rumah Sakit Tenriawaru untuk mendapatkan perawatan medis dan dua rekannya diamankan bersama dengan sapi serta satu unit mobil pickup Suzuki Avp selanjutnya di serahkan ke Polres Bone, guna menjalani proses hukum lebih lanjut,  ujar Bucek.
      Kapolres Bone Akbp Raspani, S.Ik melalui Paur Humas Iptu Adenan mengapresiasi kinerja anggotanya dilapangan dalam pengungkapan kasus-kasus menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polres Bone.
      “pengungkapan komplotan pelaku pencurian sapi yang terbilang cepat ini oleh Tim Resmob patut diapresiasi, dan semoga dapat menjawab kekhawatiran masyarakat akan maraknya pencurian di wilayah Kabupaten Bone.” Kata Adenan.(pkm/anjas/humas polda)