20 May 2018

Sungai Belawa Meluap Rendam Lima Kawasan Di Wajo




GAPURA (postkota makassar)

Akibat curah hujan yang cukup deras pada Sabtu (19/5), membuat ribuan warga Kec.Pitumpanua, Wajo, diterjang air  Sungai Belawa yang meluap Sabtu dinihari.

Setidaknya warga di Dua Desa yakni Desa Lompo Loang, Desa Tanrongi dan Dua Kelurahan yakni Kel. Benteng dan Bola Bakka Kel.Bulete dan sebagian di Mattugengkeng Kel.Siwa,  di Wilayah tersebut, hingga Ahad Sore (20/5) masih terisolasi oleh luapan air sungai yang terus mengalir, menyapu kawasan pemukiman warga yang memang berada di sekitar bantaran Sungai tersebut.

Sejauh ini, belum diperoleh informasi adanya korban jiwa. Namun kerugian materi di pastikan bisa mencapai ratusan juta rupiah, mengingat lahan-lahan pertanian, perkebunan dan peternakan warga, semua amblas di terjang dan di sapu luapan air sungai.

Hingga Ahad Sore, hampir seluruh warga masih memilih bertahan di rumahnya masing-masing yang mayoritas adalah rumah panggung. Ketinggian aliran air sendiri  hanya berkisar satu meter sehingga warga-warga masih merasa aman bertahan di rumahnya masing-masing.

Sejauh ini pihak Pemerintah Kabupaten Wajo belum memberi respon sedikitpun atas musibah tersebut. (pkm/ishak-yais)