02 June 2018

Membongkar Bisnis BBM Ilegal Di Bulukumba



GAPURA (postkota makassar)

Peredaran BBM jenis premium secara ilegal di Bulukumba yang berhasil di bongkar oleh Tim investigasi Lembaga BAIN-HAM RI Jeneponto pada, Ahat (27/5) lalu, agaknya patut untuk ditelusuri lebih jauh.

Sebagaimana di ulas dalam postingan berita sebelumnya yang berjudul "Kepergok Angkut BBM Ilegal, Pelaku Main Tebas Pake Samurai", menunjukkan jika peredaran dan bisnis BBM premium secara ilegal ini sudah berlangsung lama di kawasan Bulukumba dan sekitarnya, yang didalangi oleh kawanan Adli yang saat ini tengah meringkuk di Sel Polres Bulukumba.

Larangan tentang meredaran dan penjualan BBM premiun menggunakan botolan ataupun jerigen, sebenar sudah jelas dan hampir sudah difahami oleh sebagian besar masyarakat.

Tapi kalau kemudian ditemukan peredaran secara terangan-terangan seperti yang terungkap pada pemberitaan ini, tentu ini menjadi masalah serius yang harus disikapi secara tegas.

Seperti halnya temuan peredaran BBM premium yang di angkut menggunakan puluhan jerigen di.Bulukumba  tanpa dokumen resmi, jelas ini merupakan tindakan ilegal yang patut diusut secara tuntas.

Yang lebih parah sebab sesuai pengakuan lelaki Adli, bisnis BBM ilegalnya itu dikelola bersama kakaknya yang anggota Polisi. Ini tentu menjadi perkara tersendiri bagi oknum anggota Polisi tersebut. Sebab, Jika betul terkait langsung dengan peredaran BBM ilegal, maka sebagai anggota Polri, tentu sanksi dan hukumannya juga sudah sangat jelas.

Begitupun dengan tempat pengambilan BBM untuk mengisi jerigen-jerigen yang diangkut dengan mobil pick up tersebut, dapat dipastikan berasal dari salah satu SPBU.

SPBU yang telah mengisi jerigen-jerigen tersebut, pun harus dimintai pertanggung jawaban, karena jelas merupakan sebuah pelanggaran serius.(pkm/yais)