24 July 2018

Drs.H.Jamaluddin B.Ilyas, M.Si ; Sekolah Negeri Dan Swasta Sama Saja

Drs.H.Jamaluddin B.Ilyas.M.Si.



SERASI (postkota makassar)

Ketua Yayasan Pendidikan Bajiminasa Makassar Drs.H.Jamaluddin B.Ilyas, M.Si menilai,  perkembangan dunia pendidikan sekarang ini tidak lagi mengenal istilah Sekolah Negeri atau Sekolah Swasta dalam sistem administrasi formal.

"Sekarang ini status sekolah di tetapkan berdasarkan standar akreditasi. Istilah Sekolah Negeri atau Sekolah Swasta itu hanya sebatas kepemilikan dan pengelolaan, tetapi dalam sistem administrasi dan manajemen pendidikan statusnya sama", jelas H.Jamaluddin B.Ilyas di Kampus Yayasan Pendidikan Bajiminasa Makassar, Senin (23/7).

Yang terpenting saat ini adalah masalah pencapaian dan kualitas dalam  sistem dan manajemen pengelolaan sekolah, kelengkapan sarana dan prasarana penunjang serta penerapan metode sesuai dengan standar ketentuan yang ada.

Pemerintah sendiri melalui Dinas Pendidikan baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, sejauh ini telah memberikan pelayanan, pembinaan dan pengawasan yang setara, disemua level dan tingkatan sekolah.

Sebagai contoh, katanya, Sekolah-Sekolah yang berada di naungan Yayasan Pendidikan Bajiminasa Makassar misalnya, mulai tingkat SMP, SMA sampai SMK semua mengantongi Akreditasi B, sama dengan level Akreditasi yang dimiliki oleh beberapa Sekolah Negeri.

Untuk memperoleh status Akreditasipun, jelas H.Jamaluddin B. Ilyas, antara Sekolah Negeri dan Swasta, juga melalui jalur, proses dan mekanisme yang sama di Kantor Kementerian Pendidikan.

"Dengan begitu, maka dapat dikatakan bahwa antara Sekolah Negeri dan Swasta, memang sudah  tidak ada perbedaan sama sekali dalam hal status", jelasnya.

Sekarang ini, tambahnya,  sisa bagaimana merubah persepsi dan menset masyarakat yang secara umum masih terpaku pada pemahaman lama bahwa Sekolah Negeri lebih baik dalam segala hal dibanding Sekolah Swasta.

Diakui bahwa memang bukan hal mudah merubah pola pikir masyarakat, sebab fakta perbedaan antara Sekolah Negeri dan Swasta memang  masih sangat mencolok, utamanya dalam hal penyediaan fasilitas, sarana dan prasarana, dan ini yang masih menjadi fokus perhatian masyarakat pada umumnya.

"Ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi segenap pengelola Sekolah-Sekolah Swasta jika ingin mensejajarkan diri dengan Sekolah-Sekolah Negeri, dan inilah yang sekarang menjadi fokus perhatian Yayasan Pendidikan Bajiminasa Makassar", tukas H.Jamaluddin B.Ilyas. (pkm/yusuf a.ismail)