Breaking Post

jajaran media online POSTKOTA MAKASSAR.COM mengucapkan turut berduka cita atas musibah gempa dan tsunami yang menimpah masyarakat sulawesi tengah dan sekitarnya

Tudang Sipulung Mahasiswa Dan Alumni Kepmawa



SERASI (postkota makassar)

Sehari setelah pelantikan pengurus Kepmawa Yogyakarta periode 2018-2019, kegiatan dilanjutkan dengan Tudang Sipulung dan Dialogis dengan Mahasiswa dan Alumni Kepmawa Rabu (12/09/2018) di Gebyok coffee. Jl. Balirejo, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta.

Sebagai Nara sumber dalam acara tersebut adalah Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si selaku Bupati Wajo Terpilih Periode 2018 - 2019, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU selaku Dekan Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta dan Elfrianto, ST selaku Tim Transisi Bupati Terpilih  Kabupaten Wajo. Selaku Moderator Firman, SH yang sekarang melanjutkan kuliah di Pascasarjana Magister Hukum UGM tercatat sebagai Warga Kepmawa.


Acara berlangsung dari jam 20.00 - 24.00 wib, diawali dengan makan malam kemudian pemaparan oleh seluruh nara sumber dan selanjutnya dialog yang berlangsung dengan alot sampai beberapa mahasiswa tidak kebagian waktu utk bertanya karena keterbatasan waktu. Pertanyaan dan tanggapan dari Mahasiswa antara lain mengenai sistem birokrasi pemerintah, rekrutmen SDM, restrukturisasi OPD,perbaikan infrastrutural, pendidikan, pertanian, perkebunan, kesehatan, optimalisasi gas alam dan optimalisa danau tempe.

Amran Mahmud memaparkan potensi yg dimiliki oleh Wajo baik dari SDA maupun SDMnya. Pemerintah yang akan datang fokus dalam pengembangan pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pertambakan serta Pengembangan parawisata dan bahan baku sutera. Harapan pemerintah kedepan menjadi kabupaten Wajo dengan penghasil ternak terbesar di lndonesia dan bekerjasama dengan Dekan fak. Peternakan UGM, dengan mengirim mahasiswa peternakan UGM untuk KKN di wajo untuk mendukung program tersebut. Meciptakan 10.000 wirausahaan muda, m melahirkan mahasiswa-mahasiswa yg berjiwa enterpreneur, setelah selesai kuliah bukan sibuk mencari kerja, tapi menciptakan lapangan kerja baru. Dan reformasi birokrasi, mewujudkan pemerintahan yang bersih, memiliki komitmen, amanah, dan siap melayani masyarakat.


Beliau juga mengatakan bagi mahasiswa jadilah itelektual yang hebat, harus fokus belajar mengembangkan potensi diri dan  banyak membangun jaringan, dan tidak kalah penting adalah memiliki ideologi dan idealisne yang kokoh. Mahasiswa yang hebat dan unggul yaitu mahasiswa yg memiliki integritas dan komitmen. Jangan gadaikan ideologi dan idealisme hanya karena kepentingan pragmatis.

Prof. Ali Agus mengatakan kepemipinan Wajo kedepan adalah pemimpin yg mempunyai sift skill dan integritas, akan menciptakan program pemerintah yang menyehatkan, membuat hati senang, dan membuat hidup masyarakat jadi sejahtera. Bagi mahasiswa jadilah generasi yabg berkarakter, jangan pernah melupakan tanah air, kembalilah ke kampung halaman, kelola dan kembangkan segala potensi yg ada.

Elfrianto mengatakan pemerintah harus hadir ditengah masyarakat untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi selama ini. Pemerintahan yang dibangun berdasarkan pendekatan prestasi, kinerja, dan profesionalisme, bukan dari pendekatan materi.

Bagi mahasiswa yang merupakan aset terpenting yang dimiliki daerah sebagai generasi penerus harus menjadi mahasiswa unggul, generasi yang mampu bersaing diera globalisasi ini. Untuk dapat bersaing, maka dari itu harus memiliki Idiologi dan idealisme yang kuat, kreativitas, dan integritas sehingga menjadi kaum intelektual yang Unggul dan banyak manfaatnya antar sesama dimanapun berada. (pkm/yais)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel