Breaking Post

Dalam menjalankan tugas jurnalistik, seluruh wartawan media online POSTKOTA MAKASSAR.COM dilengkapi dengan kartu identitas yang resmi.

Lembaga SLO SIPLN Segera Beroperasi

SERASI (postkota makassar)

Komisaris Utama PT.SIPLN Sarwono (kiri) bersama
Direktur Utama PT.SIPLN Iwan Setiawan (kanan)
Satu lagi Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah (LIT RT) akan segera beroperasi melayani kebutuhan Sertifikat Laik Operasi (SLO) calon pelanggan Listrik PLN.

Adalah PT. Sertifikasi Intalasi Pelanggan Listrik Nusantara (PT. SIPLN) yang berkantor Pusat di Surabaya itu, yang akan segera meramaikan salah satu usaha bisnis di Bidang Usaha Penunjang Ketenagalistrikan di Indonesia.


Salah satu langkah persiapan yang dilakukan oleh manajemen PT.SIPLN dalam beberapa bulan belakangan ini adalah melakukan Sertifikasi Kompentensi untuk seluruh Tenaga Teknik Pemeriksa Instalasi yang akan di sebar diseluruh Unit Pelayanan di Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Saat ini, kegiatan Sertifikasi Kompetensi tengah dilaksanakan di Makassar mulai Rabu (18/9) hingga Sabtu (21/9) mendatang, dengan peserta ujian, adalah calon Tenaga Teknik Pemerinka dari tiga Provinsi, yakni Sulsel, Sultra dan Sulbar.

Kegiatan Uji Kompetensi yang dilaksanakan kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) PT. LISANTARA, dibuka langsung oleh Komisaris Utama PT.SIPLN Sarwono di Hotel Gahara Makassar.

Pada kesempatan tersebut, Sarwono menegaskan bahwa kegiatan Sertifikasi Kompetensi ini merupakan satu mekanisme yang wajib dilalui oleh seluruh Tenaga Teknik yang akan bekerja di Bidang Ketenagalistrikan, termasuk tenaga Pemeriksa Intalasi Listrik Tegangan Rendah.

PT.SIPLN sendiri, jelas Sarwono, sejauh ini telah melakukan 6 kali kegiatan Uji Kompetensi untuk calon-calon Tenaga Teknik Pemeriksa PT. SIPLN dari beberapa Provinsi yang total Tenaga yang dihasilkan sudah mencapai 200 orang lebih.

"Secara nasional, setidaknya kita butuh sekitar 800 orang lebih Tenaga Pemeriksa yang bersertifikat, agar kita bisa beroperasi maksimal di seluruh Unit Pelayanan Pelanggan PLN, dan itu akan terus kita upayakan untuk mencapai target tersebut", jelas Sarwono.

Dijelaskan bahwa sebagai Lembaga Inspeksi Teknis Tegangan Rendah (LIT RT), PT.SIPLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan SLO TR, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada.

Sementara Direktur Utama PT.SIPLN Iwan Setiawan, menjelaskan bahwa kegiatan Uji Kompetensi yang di laksanakan di Makassar untuk yang kedua kalinya ini, merupakan rangkaian persiapan PT.SIPLN untuk memenuhi aturan tentang kesiapan dan ketersediaan Tenaga Teknik yang akan bekerja sebagai Tenaga Pemerinsa Instalasi milik PT.SIPLN.

"Intinya kita tidak berhenti sampai disini, tetapi kegiatan Uji Kompetensi ini akan terus dilakukan secara bertahap, guna memenuhi kuota maksimal jumlah tenaga Pemeriksa di butuhkan", tandas Iwan Setiawan.

Menurutnya, setelah Makassar, pihaknya akan melanjutkan kegiatan Uji Kompetensi di Manokwari, Papua Barat, pada satu atau dua bulan ke depan.

Dari seluruh rangkaian kegiatan Uji Kompetensi yang dilaksanakan ini, diharapkan agar hingga akhir tahun 2019 ini, jumlah Tenaga Pemeriksa yang di butuhkan sudah bisa terpenuhi secara maksimal, sehingga rencana operasional PT.SIPLN yang direncanakan pada akhir tahun 2019 ini, dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Pada kegiatan Uji Kompetensi ini, turut hadir Kepala Pemasaran PT. Elektrindo Multikarya Abadi Wilayah Papua Slamet Riyanto,SE,ST, dan Kepala Pemasaran Wilayah Sulsel Muh.Nurbasri, ST.

PT. Elektrindo Multikarya Abadi sendiri adalah Lembaga Inpenksi Teknik Tegangan Menengah (LIT TM) yang merupakan perusahaan satu group yang tidak terpisahkan dengan PT. SIPLN.


Slamet Riyanto pada kesempatan tersebut berharap agar sinergi yang dibangun melalui lembaga ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan bisnis ketenagalistrikan, yang bermuara pada kemaslahatan masyarakat.(pkm/yais)

0 Response to "Lembaga SLO SIPLN Segera Beroperasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel